Pohon tertua yang masih hidup (dari semua jenis) yang diketahui tanggal penanamannya: Jaya Sri Maha Bodhi, sebuah Pohon Bodhi di Sri Lanka, dibawa oleh Sanghamitta dan ditanam pada tahun 288 SM.

Jaya Sri Maha Bodhi adalah pohon Beringin Sakral yang terdapat di Anuradhapura, Sri Lanka. Pohon tersebut merupakan anak pohon dari pohon Bodhi bersejarah dimana Sang Buddha mencapai penerangan sempurna. Pohon tersebut ditanam pada tahun 288 SM, dan merupakan pohon yang ditanam manusia yang paling tua di Bumi dengan tanggal penanaman yang diketahui.

Pohon tersebut ditanam di daerah tinggi sekitar 6.5 m (21.3 kaki) diatas tanah dan dikelilingi oleh pagar, dan pada saat ini pohon tersebut adalah salah satu relik yang paling sakral dari umat Buddha di Sri Lanka dan dihormati oleh umat Buddha di seluruh dunia. Tembok yang mengelilingi sekitar pohon tersebut dibangun pada masa pemerintahan Raja Kirthi Sri Rajasingha, untuk melindunginya dari gajah liar yang mungkin dapat merusak pohon tersebut.

Pohon tersebut disebut merupakan cabang pohon bagian selatan dari Pohon Sri Maha Bodhi di Bodhgaya di India dimana Buddha mencapai Pencerahan.
Pada abad ke-3 SM, pohon beringin Buddha (Pohon Bodhi) dibawa ke Sri Lanka oleh Sanghamitta Thera (Sansekerta: Sanghamitra), putri Raja Asoka dan pendiri Sangha Bhikkhuni di Sri Lanka.
Pada tahun 249 SM, Sri Maha Bodhi ditanam di Taman Mahameghavana di Anuradhapura oleh Raja Devanampiyatissa.